-->

Khasiat dan Manfaat ikan gabus kutuk snakeheads yang luar biasa untuk kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Ikan Gabus Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan menjadi cukup kontrovesial belakangan ini, setelah banyak penelitian yang membuktikan, bahwa didalamnya terkandung jenis protein albumin yang paling tinggi dibandingkan yang terdapat di dalam jenis ikan lainnya. Dan tak tanggung-tanggung manfaatnya ini sangat baik untuk anak, dewasa bahkan ibu hamil. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut.
Ikan gabus (Channa Striata) adalah salah satu jenis ikan tawar, yang bisa kita temukan di perairan Indonesia seperti sungai, danau, rawa bahkan sawah. Habitatnya yang mudah di temukan dengan kandungan nutrisi yang cukup melimpah, menjadikan ikan ini cukup populer di  dan di ganduringi masyarakat. Bahkan pada saat ini, tak sedikit juga dari pada masyarakat yang membudidayakan ikan yang satu ini dengan harga pasar cukup tinggi yakni Rp. 60.000- Rp. 70.000/kg nya.
Di beberapa daerah Indonesia ikan ini memiliki panggilan yang berbeda, seperti halnya di pulau jawa ikan ini di sebut ikan bogo. Lantaran bentuknya yang besar hingga memiliki kepanjangan 1 meter. Selain itu, ikan ini juga sering kali di panggil ikan kutuk, dan lainnya.
Jika dilihat secara sekilas, ikan gabus memiliki bentuk seperti ikan lele. Bahkan inipun bisa bertahan hidup didarat dalam tempo yang cukup lama, sebab ikan gabus sendiri di ketahui bisa bernafas secara langsung dengan udara luar. Namun yang membedakannya ikan gabus sendiri tidak memiliki kumis dan warnanya tidak terlalu gelap layaknya yang terdapat pada ikan lele.
Selain habitatnya yang mudah di temukan, kepopuleran ikan gabus juga semakin memuncak setelah diketahui didalamnya mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Ikan ini sendiri diketahui sebagai ikan yang memiliki protein albumin tertinggi dibanding dengan jenis ikan lainnya seperti lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila dan lainnya.

Apa itu itu albumin?

Albumin merupakan jenis protein utama yang terdapat di dalam darah manusia. Adapun fungsi utama dari protein yang di produksi oleh hati ini adalah untuk mengatur tekanan osmotik yang terdapat di dalam darah, menjaga kesimbangan cairan di dalam tubuh hingga sebagai pengangkut berbagai nutrisi dan juga hormon.
Keseimbangan albumin dalam tubuh sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat di dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh yang dapat bersifat fatal. Bahkan jika kadar albumin rendah dapat mengindikasi sejumlah masalah kesehatan diantaranya seperti peradangan, penyakit hati, malnutrisi, sindrom nefritis, radang usus hingga penyakit celiac.

Baca Juga : Panduan Budidaya Ikan Gabus / Kutuk Untuk Pemula

Khasiat dan manfaat ikan gabus yang luar biasa untuk kesehatan secara menyeluruh

Berikut adalah berbagai manfaat dari ikan gabus bagi kesehatan secara menyeluruh yang wajib anda ketahui :
1. Meningkatkan albumin tubuh
Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa manfaat ikan gabus merupakan sumber protein albumin yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu meningkatkan kadar albumin didalam darah.
2. Membantu pembentukan dan pertumbuhan otot
Kandungan protein yang terdapat di dalam ikan gabus di ketahui lebih tinggi di bandinkan ikan lele, daging ayam dan daging sapi. Adapun hal tersebut tentunta menguntungkan bagi anda sebab banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh anda.
3. Mempercepat penyembuhan luka
Daging ikan gabus yang kaya akan kandungan protein albumin juga memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka tubuh khususnya bekas luka operasi maupun caesar. Kandungan tersebut mampu membantu pembentukan sel dan jaringan baru pada bagian tubuh yang telah ruusak akibat operasi dan lainnya.
4. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Zat albumin juga diktahui berfungsi dalam menjaga kestabilan regulasi cairan di dalam tubuh. Jika tubuh anda mengalami kekurangan cairan, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah dan tidak dapat berfungsi secara normal.
5. Menyehatkan pencernaan
Tak hanya lezat untuk di santap, ikan yang memiliki struktur daging yang lebih empuk ini sehat untuk dikonsumsi tanpa perlu mengkhawatirkan pencernaan karena ia sangat mudah dicerna. Hal tersebut lantaran ikan gabus sendiri mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terdapat didalam ternak ikan lainnya. Tepatnya hanya 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.
6. Membantu penyembuhan penyakit
Beberapa ahli menyebutkan bahwasannya dengan mengonsumsi ikan yang kaya albumin ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti hepatitis, infeksi paru, thyous, diabetes, stroke dan masih banyak lagi yang lainnya.
7. Nutrisi pendamping anak autis
Ikan gabus juga diketahui memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai asupan nutrisi sampingan untuk membantu penyembuhan anak pengidap autis.
8. Mengatasi pembengkakan pada tubuh
Selain untuk mempercepat luka, kadar albumin yang terdapat di dalam ikan gabus juga membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tubuh anda.
9. Meningkatkan daya tahan tubuh
Jika belakangan ini anda memiliki memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik, sebaiknya anda rajin mengonsumsi ikan bogo ini. Hal tersebut di ketahui ikan ini dapt membantu tubuh anda meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga anda tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit baik akibat faktor cuaca mapun lainnya.
10. Menjaga kesehatan mata
Jika anda ingin memiliki mata yang sehat, maka rajin-rajinlah mengonsumsi vitamin A. Adapun salah satu sumber vitamin A yang cukup tinggi adalah terdapat didalam ikan gabus. Didalamnya di ketahui terkandung 150 g vitamin, yang ini tentu saja sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata anda.
11. Baik untuk penderi diabetes
Penderita diabetes sering kali bingun untuk mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kalori sehari-harinya. Sebab, penderita diabetes sendiri sudah tidak diperbolehkan makan nasi putih sebab di khawatirkan mampu menaikan kadar gula darah. Namun ternyata dengan mengonsumsi ikan gabus bisa memenuhi kebutuhan kalori anda sebagai penderita diabetes.
12. Baik untuk ibu hamil
Bagi wanita yang tengah hamil, biasanya banyak yang menyarankan untuk banyak mengonsumsi protein hewani seperti ati ayam, ikan dan juga telur. Adapun dari sekian banyak jenis ikan air tawar, ikan gabus di ketahui lebih banyak memiliki khasiat dan manfaat. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi di percaya sangat bagus untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga sang janin.
13. Mendorong pertumbuhan tulang dan gigi
Kalsium dan fosfor merupakan jenis mineral yang amat dibutuhkan oleh manusia, supaya dapat mencapai pertumbuhan tulang dan gigi secara maksimal. Adapun ikan gabus sendiri mengandung banyak kalsium sekitar 60 mg/100 gram dan juga fosfor sekitar 70 mg/100 gram. Sehingga tak jarang hal ini di sebut-sebut sebagai manfaat ikan gabus untuk anak. Dan oleh sebab itu, daging dari ikan gabus ini sangat cocok di konsumsi oleh balita hingga lansia, agat pertumbuhan dan kepadatan tulang mereka maksimal terjaga.
14. Meningkatkan berat badan
Salah satu faktor untuk bisa menambah berat badan adalah dengan banyak makaN. Dan banyak mengonsumi protein hewani di percaya sangat baik dalam meningkatkan berat badan. Kombinasi antara karbohidrat dan juga protein dapat memicu pembentukan sel. Namun tetap berhati-hati terhadap lemak alias kolesterol jahat. Adapun ikan gabus sendiri memiliki khasiat meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.
Adapun selain beberapa manfaat diatas, ikan gabus pun ternyata masih memiliki banyak manfaat lainnya seperti hanya baik untuk penderita penyakit ginjal, asam urat,tbc, memberantas kolesterol jahat LDL, mengurangi rasa lelah akibat depresi, mengatasi alergi hingga mencegah kanker.
Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat ikan gabus bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentunya. Salam sehat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat dan Manfaat ikan gabus kutuk snakeheads yang luar biasa untuk kesehatan"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel