-->

Manfaat ikan gabus kutuk snakehead Menurut IPB


Manfaat ikan gabus kutuk snakehead Menurut IPB

Manfaat ikan gabus kutuk snakehead Menurut IPB

Arka Farm - Manfaat ikan gabus kutuk snakehead


Universitas Institut Pertanian Bogor ( IPB ) ternyata juga melakukan penelitian kandungan yang ada pada Ikan gabus  kutuk. Mereka adalah Dr. Mala Nurimala dan Dr. Ekowati Chasanah dibantu juga oleh Ayu Ratih Purnamasari dari Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengatakan bahwa ikan gabus / kutuk hasil tangkapan alam dan hasil budidaya berpotensi sebagai Antioksidan dan AntiHipertensi.


Dalam penelitian mereka yang bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan ( BBP4BKP ) ini, Penelitian menggunakan ikan gabus  kutuk hasil dari alam dan hasil budidaya untuk membandingan kandungan protein dan potensinya sebagai antioksidan dan antihipertensi.

"Tujuan Riset ini adalah untuk mengetahui potensi Ekstrak protein kasar dari ikan gabus / kutuk hasil dari alam dan hasil dari budidaya sebagai antioksidan dan antihipertensi," Ujar Dr. Mala. Menurutnya, ikan gabus / kutuk memiliki kandungan protein tinggi. Ikan ini juga termasuk komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi ( harga yang lumayan mahal ).

Selain itu, ikan gabus / kutuk juga memiliki potensi sebagai biofarmaka karena komponen penyusun protein yang lengkap dan dapat mempercepat penyembuhan penyakit infeksi, dan peningkatan kada albumin penderita hipoalbuminemia serta anti inflamasi. Ikan Gabus / Kutuk ini juga mengandung asam lemak seperti Eocosapentaenoic Acid ( EPA ), Docosahexaenoid Acid ( DHA ) yang berperan dalam menjaga fungsi otak dan retina mata, Disamping itu, ikan gabus / kutuk juga berpotensi sebagai Antihipertensi kerena kandungan protein yang dimiliki, serta mendukung aktivitas antioksidan karena memiliki kandungan mineral seng, tembaga, dan besi didalam tubuhnya.


Selama ini, ikan gabus / kutuk ini masih mengandalkan hasil dari tangkapan alam, Namun, saat ini ikan gabus / kutuk  ini sudah mulai dapat dibudidayakan untuk menjaga keberlanjutan ketersediaan stok dialam, " Ujar Dr. Mala.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi protein ikan gabus / kutuk hasil budidaya lebih tinggi dibandingan ikan gabus / kutuk hasil tangkapan alam. Aktivitas antioksidan ikan gabus / kutuk hasil budidaya juga lebih tinggi dibandingkan ikan gabus / kutuk hasil tangkapan alam. Ikan gabus / kutuk hasil budidaya juga memiliki nilai penghambatan ACE ( Untuk Uji AntiHipertensi ) yang lebih tinggi dibandingkan ikan gabus / kutuk hasil tangkapan alam.


"Berdasarkan hasil penelitian dari Pakar IPB tersebut maka dapat disimpulkan bahwa 
"Ikan Gabus / Kutuk hasil budidaya memiliki kandungan / kemampuan sebagai AntiOksidan dan AntiHipertensi lebih baik dari pada ikan Gabus / Kutuk hasil tangkapan alam"


Apakah anda tertarik untuk membudidaya ikan gabus / kutuk ??
jika anda tertarik, saya juga menyediakan benih berkualitas dan sudah setting makan pelet. Saya juga dapat memandu untuk para pemula yang ingin mencoba menjalani bisnis budidaya ikan gabus / kutuk ini. 


GRIYA ARKA KENDAL

Berdiri Sejak : Agustus 2015

Lokasi : Kaliwungu, Kab Kendal Jawa Tengah

Call or WhatsApp : 0895353773175





Menyediakan aneka bibit ikan :

1. Bibit ikan gabus / kutuk makan pelet

2. Bibit ikan Toman Kalimantan

3. Bibit Maru Borneo dan Red Maruliodes

4. Bibit Belut hasil budidaya

5. Konsumsi ikan Gabus / kutuk dan Konsumsi Belut






Email for Bussines : arkadoktermuda@gmail.com

Google Maps : Bibit ikan gabus kendal

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat ikan gabus kutuk snakehead Menurut IPB"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel