-->

kanibalisme budidaya ikan gabus dapat dikendalikan??

Pengendalian Kanibalisme Pada Pemeliharaan Benih Ikan Gabus (Channa Striata) Dengan Padat Tebar Yang Berbeda by Arka Farm

kanibalisme budidaya ikan gabus dapat dikendalikan??
Kemitraan budidaya ikan gabus bersama Griya Arka Kendal


Hallo sobat Arka Farm dimanapun kalian berada...  Salam sejahtera untuk kita semua.

Kali ini kami dari Kemitraan Arka Farm akan sedikit memberi tips kepada teman - teman semua tentang "Bagaimana sih cara mengendalikan kanibalisme pada proses pembesaran ikan gabus makan pelet itu ? Yuk simak dan baca artikel berikut ini sampai selesai ya.

Kendala utama dalam budidaya ikan gabus (Channa striata) adalah tingginya mortalitas pada fase pemeliharaan benih karena adanya kanibalisme dalam proses pembesaran yang memaksa kami untuk melakukan sebuah penelitian khusus. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan padat tebar terbaik dalam upaya untuk mengurangi potensi kanibalisme pada pemeliharaan benih ikan gabus sehingga dicapai produksi yang optimal.

Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengendalikan kanibalisme pada proses pembesaran ikan gabus adalah dengan menentukan dan menerapkan pada padat tebarnya. Dalam penelitian  padat tebar ini kami mencoba dengan menerapkan padat tebar benih 1 ekor/L, 2 ekor/L, dan 3 ekor/L. Benih ikan gabus dengan panjang rata-rata 3,41±0,39 cm dipelihara selama 42 hari di dalam akuarium berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm dengan volume air 40 L. Semua benih ikan gabus penelitian tadi diberikan pakan berupa cacing sutera.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi kanibalisme selama pemeliharaan benih ikan gabus. Perlakuan yang diberikan tidak mempengaruhi kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan gabus. Sistem resirkulasi air yang digunakan dapat mempertahankan kualitas air dengan baik. Dan yang paling penting adalah pemberian pakan jangan sering telat atau disesuaikan dengan porsi pakan sesuai kebutuhan ikan gabus di tiap umur dan beratnya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis usaha yang dilakukan, padat tebar terbaik pada pemeliharaan benih ikan gabus dicapai pada 3 ekor/L. Berarti dalam 1m3  dapat diisi bibit ikan gabus sebanyak 300 ekor.

Jika kalian ingin request Materi ataupun tanya jawab silahkan mengajukannya lewat komentar di kolom bawah ini ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "kanibalisme budidaya ikan gabus dapat dikendalikan??"

  1. Itu 300 ekor/m^3. Lalu mulai dipindah ke kolam pembesaran di usia berapa Pak ?

    ReplyDelete

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel