-->

Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes

Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes

Khasiat dan manfaat ikan gabus bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Protein albumin yang terdapat dalam ikan gabus memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. 
Ikan gabus merupakan ikan yang buas “Carnivora” dan sebagai ikan pemangsa segala “predator”. Setelah di telusuri ternyata ikan ini merupakan ikan asli indonesia, dan kalau di daerah Jawa Barat ikan gabus ini suka dipanggil dengan ikan bogo / kutuk / haruan.
Soal rasa ikan gabus ini mempuyai tekstur daging yang empuk dan juga lezat, tetapi ikan gabus ini jarang sekali di sajikan sebagai menu makanan. Ikan predator ini juga sudah mulai tersedia di warung-warung makanan, Rasa daging Ikan gabus ini malah kalah sama ikan-ikan lain, seperti ikan nila, gurame, lele dan ikan emas.
Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes
Penderita Diabetes
Tetapi sangat berbeda dengan wilayah medis, karena ikan gabus ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan protein, salah satunya memiliki kandungan protein albumin. Albumin ini mempunyai banyak fungsi bagi tubuh ketika dikonsumsi, albumin dapat mempercepat proses penyembuhan, selain itu albumin juga berperan dalam menambah berat badan seseorang.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes

Kandungan lain yang terdapat pada ikan gabus adalah asam amino, zink, lemak, dan lain-lain. Dengan banyak khasiat di dalamnya, tidak heran jika harga ikan gabus sekarang ini relatif tinggi.
Kandungan albumin yang terdapat pada ikan gabus merupakan salah satu protein yang terdapat di dalam darah, dan hanya diproduksi oleh hati. Dalam dunia kedokteran, albumin di manfaatkan untuk mempercepat proses penggabungan sel tubuh yang terbelah sehingga membentuk sel baru. Jadi ikan gabus lah yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka supaya sembuhnya lebih cepat.
Mengenai Manfaat dan khasiat ikan gabus untuk mengatasi penderita diabetes. Manfaat ikan gabus ini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes, juga dapat memperbaiki organ pankreas dan meringankan luka akibat diabetes. Organ pankreas yang rusak tidak dapat menghasilkan zat insulin, sedangkan zat insulin berperan untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah.
Penderita diabetes yang memiliki kadar gulanya tinggi adalah penyakit kelainan metabolisme glukosa. Metabolisme glukosa merupakan merupakan proses zat insulin yang merubah kadar gula darah menjadi energi, karena diabetes iyalah kelebihan kadar gula darah, maka zat insulin tidak mampu mengubah dan mengendalikan semua kadar gula di dalam darah, yang akhirnya sistem metabolisme glukosa pun terganggu.
Apabila penderita diabetes memiliki kadar gula yang sangat tinggi, itu akan sulit untuk di sembuhkan. Bahka tidak bisa lagi di sembuhkan apabila kadar gula di dalam darah sudah mencapai tahap komplikasi. Komplikasi merupakan kerusakan beberapa organ vital dalam tubuh manusia.
Komplikasi diabetes disini akan meliputi sebagai berikut :
  • Terkena penyakit jantung
  • Gangguan ginjal
  • Kerusakan hati
  • Hipertensi
  • Infeksi paru-paru
  • Pembuluh darah tersumbat
  • Stroke
  • Impotensi


Diabetes merupakan penyakit turunan, walaupun penyakit diabetes merupakan penyakit turunan tetapi setidaknya kita pun harus menjaga pola hidup yang sehat, supaya tidak terkena penyakit diabetes.
Disini lah manfaat ikan gabus untuk mengatasi penyakit diabetes, karena ikan gabus dapat menurunkan kadar gula tinggi, juga mampu memperbaiki organ pankreas  dan mampu meringankan luka akibat diabetes.
Supaya lebih jelas, berikut ini adalah manfaat ikan gabus untuk penderita diabetes :
Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes
Manfaat ikan gabus

  • Memperbaiki organ pankreas
  • Meningkatkan kinerja insulin
  • Menstabilkan kadar gula darah
  • Memperbarui sel tubuh
  • Mengeringkan luka dengan cepat
  • Menghilangkan bau
  • Membersihkan bakteri
Bukti penelitian ikan gabus untuk penderita diabetes
Berdasarkan penelitian Institut Teknology pada tanggal 10 november di ITS Surabaya, memanfaatkan ikan gabus guna diteliti sebagai obat alternatif untuk penyakit diabetes, caranya bagaimana ?? kita lakukan ekstraksi ikan gabus yang selanjutkan diuji pada hewan (Kata ketua jurusan biologi ITS, Dr. Dewi Hidayati SSI MSI, di surabaya pada hari kamis.

Baca juga : Analisa modal dan Keuntungan Budidaya Ikan Gabus / Kutuk
Setelah diteliti ia mengatakan bahwa ekstrak ikan gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak, Karena ketika jaringan pankreas rusak dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik (Kelebihan kadar gula darah dalam darah).
Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian, penyakit diabetes ini merupakan penyakit  yang banyak memakan korban dan di indonesia merupakan penyakit ke 6 yang dapat menyebabkan kematian. Kebanyakan penderitanya tidak sadar mengidap penyakit ini karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai gejala-gejala yang timbul.
Penyakit diabetes juga sering dikait-kaitkan dengan penyakit impotensi yang banyak menyerang pria dewasa, berdasarkan tersebut, mereka pun melakukan pengujian tersebut terhadap hewan, dan penelitiannya pun menghasilkan, bahwa ketika penyakit diabetes tersebut  diderita oleh pria maka akan disertai dengan penyakit impotensi.
Ada juga penelitian yang berjudul Blueprint For Change, menyebutkan bahwa penderita diabetes di Indonesia tercatat mencapai 7,6 juta orang, sebanyak 41% di antaranya tidak mengetahiu kondisi kesehatannya dan 39% mendapatkan pengobatan, sisanya 0,7% mengalami penyakit diabetes yang mendapatkan pengobatan yang tepat, “tuturnya”
Oleh sebab itu, dalam penelitian ini juga didapatkan hasil yang berupa penurunan malondialdehyde atau disebut dengan MDA, yang menunjukan adanya stres oksidatif akibat adanya radikal bebas yang dikandung senyawa aloksan. Hal ini menunjukan bahwa ekstrak ikan gabus dapat digunakan sebagai antioksidan efektif bagi penderita diabetes.
Itu mungkin informasi tentang penelitian ikan gabus untuk penderita diabetes, dan juga akan dikembangkan lagi dalam hal molekular, pendekatan molekular ini dapat dijadikan ilmu baru dalam bidang pengobatan di Indonesia, ‘katanya’.
Ia berharap ekstrak ikan gabus yang telah diteliti bersama timnya ini dapat menjadi obat diabetes yang efektif dan juga mudah didapatkan oleh masyarakat. Dengan penemuan ini semoga masyarakat dapat memperoleh pengobatan secara maksimal.
Jika kamu tidak ingin mengalami penyakit diabetes atau yang lebih parahnya lagi menjadi komplikasi segera hambat penyakit tersebut dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin, caranya jadikan ikan gabus menjadi menu makanan anda sehari-hari. Informasi diatas semoga ada manfaatnya. Terus berjuang dan terus berdoa.


Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes
Griya Arka Kendal

GRIYA ARKA KENDAL
Berdiri Sejak : Agustus 2015
Lokasi : Kaliwungu, Kab Kendal Jawa Tengah
Call or WhatsApp : 0895353773175


Menyediakan aneka bibit ikan :
1. Bibit ikan gabus / kutuk makan pelet
2. Bibit ikan Toman Kalimantan
3. Bibit Maru Borneo dan Red Maruliodes
4. Bibit Belut hasil budidaya
5. Konsumsi ikan Gabus / kutuk dan Konsumsi Belut






Email for Bussines : arkadoktermuda@gmail.com

Google Maps : Bibit ikan gabus kendal

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Ikan Gabus Untuk Penderita Diabetes"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel