-->

Potensi bisnis Budidaya Ikan Air Tawar yang sangat menggiurkan

Potensi bisnis Budidaya Ikan Air Tawar yang sangat menggiurkan



Potensi bisnis Budidaya Ikan Air Tawar yang sangat menggiurkan
Budidaya Ikan Air Tawar


Potensi usaha budidaya ikan air tawar ini semakin hari semakin menggiurkan. Menurut laporan Badan Pangan ( PBB ), pada tahun 2021 konsumsi ikan air tawar perkapita penduduk dunia akan mencapai 19,6 ton per hari. Meski saat ini konsumsi ikan lebih banyak dipasok dari ikan laut, pada tahun 2018 ini produksi ikan air tawar akan menyalip produksi perikanan tangkap ( Hasil Laut ).

Mengapa demikian ?? Karena produksi perikanan tangkap ( hasil laut ) akan mengalami penurunan akibat  overfishing. Ikan di laut semakin sulit didapatkan jika tidak ada perubahan model produksi, Para peneliti meramalkan pada tahun 2048 penangkapan ikan dilaut akan mengalami penurunan secara signifikan.


Dengan kata lain tidak ada lagi menu seafood di piringan kita ! Oleh karena itu diperlukan peningkatan produksi budidaya ikan air tawar sebagai substitusi pengganti ikan laut. Sehingga kita bisa memberikan ruang kepada biota laut untuk dapat berkembang biak.

Tingkat Konsumsi Ikan
Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar merupakan pasar potensial untuk produk perikanan. Apalagi fakta saat ini menunjukkan konsumsi ikan perkapita Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan konsumsi penduduk negara berkembang lainnya.

Kalau kita memiliki laporan KKP ( Kementerian Kelautan dan Perikanan ) pada tahun 2011. Konsumsi ikan masyarakat Indonesia hanya 31,5 ton per bulan. Coba bandingkan dengan Malaysia yang mencapai 55,4 ton / bulan ! Kabar baiknya, pertumbuhan rata - rata konsumsi ikan di Indonesia cukup tinggi 5.04 % per bulan dan jauh dari Malaysia yang hanya 1.26% per bulan. Dengan tumbuhnya perekonomian Indonesia, Kesadaran masyarakat akan konsumsi ikan semakin tinggi. Ditambah lagi dengan adanya Program Gemar Makan Ikan yang dikampanyekan oleh KKP ( Kementerian Kelautan dan Perikanan ), angka konsumsi akan terus bergerak naik.

Budidaya Ikan Air Tawar

Dari sisi produksi pada tahun 2011 produksi perikanan nasional mencapai 12,9 juta ton. dari jumlah itu, produksi perikanan tangkap ( hasil laut ) sebanyak 5.41 juta ton dan produksi perikanan budidaya air tawar 7.5 juta ton. Dari total produksi perikanan budidaya, jumlah budidaya ikan ikan dalam kolam air tawar menyumbangkan angka hingga 2.4 juta ton. Sisanya adalah budidaya ikan tambak air payau, budidaya di laut, budidaya dalam keramba dan budidaya jaring apung.

Baca Juga : Panduan Budidaya ikan Gabus / Kutuk untuk PEMULA

Kenaikan produksi ikan dalam kolam air tawar cukup pesat yaitu berkisar 11 % setiap tahunya. Hal itu menunjukan ada gairah  besar di masyarakat untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar. Tentu pertumbuhan produksi ini mengacu pada permintaan pasar yang terus meningkat. Lebih dari 70 % produksi air tawar diserap oleh pasar dalam negeri. Pulau Jawa menjadi penyerap terbesar mengingat jumlah penduduk yang padat dan gairah dari masyarakat terebut. Apabila dilihat dari potensinya, Kebutuhan untuk Pulau Jawa saja masih akan terus berkembang mengingat konsumsi per kapita ikan air tawar di Jawa masih dibawah konsumsi per kapita di Luar Jawa.

Baa Juga : Analisa modal dan Keuntungan Budidaya Ikan Gabus / Kutuk

Lalu, Apakah anda tertarik untuk menjadi pelaku bisnis dalam budidaya ikan air tawar ini ??
Ikan air tawar apa yang menjadi daya tarik anda jika anda berminat menjalani bisnis budidaya ikan air tawar ini ?? hehe..

Yang jelas ayuk kita sama - sama bangun perekonomian Negara Indonesia ini agar semakin baik dan tidak mengandalkan prodak impor luar negeri. Kalau kita mampu kenapa kita harus impor ??

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Potensi bisnis Budidaya Ikan Air Tawar yang sangat menggiurkan"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel