-->

Arka Farm - Sejarah kami budidaya ikan gabus kutuk

Arka Farm - Sejarah kami budidaya ikan gabus kutuk 


Arka Farm - Sejarah kami budidaya ikan gabus kutuk
Arka Farm

Sebelumnya saya pekernalkan diri saya dulu ya...

Nama saya adalah mohammad Arifin Owner atau pemilik Arka Farm Budidaya ikan gabus kutuk chana striata ( snakehead ) yang berlokasi di Desa Sukomulyo Kec. Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Sebelum saya tertarik budidaya ikan gabus kutuk chana striata ( SnakeHead ) ini, Keseharian saya hanya berangkat dan pulang kerja di salah satu perusahaan besar di Semarang. Tidak ada rutinitas lainnya dan hanya mengandalkan pemasukan dari gaji saya di Perusahaan tersebut.

Baca juga : Panduan budidaya ikan gabus kutuk snakehead untuk pemula

Pada tahun 2013, Saya berkunjung ke tempat saudara saya yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Pada hari saat itu juga saudara saya menyuruh saya mengantarkan untuk membeli ikan gabus kutuk chana striata (snakehead).

Dan saat itu saya kaget dan bertanya - tanya ternyata harga ikan gabus kutuk itu sangat mahal, dulu saya membelinya dengan harga Rp 60rb / kg dan itupun barangnya harus pesan terlebih dahulu. Saya sempat berbincang dengan pengepul ikan gabus kutuk tersebut bahwa ikan tersebut saat ini terancam kepunahannya. Dengan banyaknya pesanan konsumsi yang tinggi namun barang yang ada hanya sedikit dan susah untuk mencarinya.

Baca juga : Analisa modal dan keuntungan budidaya ikan gabus kutuk snakehead

Nah... Ide untuk mempunyai sebuah usaha budidaya ikan gabus kutuk berawal dari sini. Pada saat itu saya sengaja membeli ikan gabus kutuk hasil pancingan milik tetangga saya untuk saya budidaya kedepannya. Namun pada saat itu saya belum paham betul bagaimana cara budidaya ikan gabus kutuk tersebut. Membedakan jenis kelamin ikan gabus kutuk pun belum paham betul. Saya terus berusaha bagaimana cara agar ikan gabus kutuk tersebut dapat beranak atau menghasilkan bibit ikan. Saat itu modal saya hanya ketekunan dan browsing di Internet.

Pada Agustus 2015, Saya berhasil memijahkan ikan gabus kutuk chana striata snakehead ini. Alhamdullilah berkat tekat kuat untuk memiliki sebuah usaha dan browsing sana sini saya diberikan kelancaran sampai saat ini. Namun tidak berhenti disini hari demi hari bulan demi bulan saya pelajari dengan teliti bagaimana cara mempermudah untuk pakan bibit ikan gabus kutuk tersebut. Karena sebelumnya saya hanya mengandalkan pakan dari mencari cacing di sebuah peternakan kambing dan sapi. Proses mencari cacing tersebut bisa dibilang mudah namun waktu antara bekerja dan fokus usaha ini yang kurang sikron.

Saya ingin membuat bagaimana caranya agar bibit ikan gabus ini dapat diberi pakan pelet seperti halnya ikan lele, nila, dan gurame. Proses ini bisa dibilang sangat sulit sekali untuk saya yang notabene belum paham sama sekali pada saat dahulu.

Dan pada bulan february 2015, Saya berhasil membuat bibit ikan gabus kutuk chana striata snakehead ini dapat memakan pelet seperti halnya ikan lele. Hal ini sangat mempermudah saya dalam menjalani sebuah usaha ini. Karena Pakan pelet mudah saat pemberikan pakannya dan kita tidak pusing untuk mencari cacing lagi.

Usaha perikanan saya tersebut saya berinama " Arka Farm ". Arka Farm adalah singkatan dari Arifin dan Ikka Farm. Jadi bagi kalian yang mengenal Arka Farm inilah cerita saya yang dapat saya share kepada kalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arka Farm - Sejarah kami budidaya ikan gabus kutuk"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel