-->

10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia

10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia

10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Gigi Ikan gabus chana micropeltes ( TOMAN )

Hallo sobat Griya Arka Kendal.
Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengetahuan nih. Tahukah kalian ikan tentang ikan gabus atau bisa disebut juga dengan snakehead ? Berapa jenis ikan gabus snakehead yang kalian ketahui ? Pastinya banyak ya. Yuk langsung aja dibaca sampai selesai ya ^_^.

Ikan gabus atau biasa disebut Snakehead adalah ikan predator yang paling umum dipelihara. Selain mudah perawatannya, rata-rata harga dari jenis dari ikan gabus snakehead banyak yang terjangkau. Tidak salah bahwa ikan gabus snakehead begitu populer di kalangan pecinta ikan predator dan ikan hias di Indonesia.

Dari sekian banyak jenis ikan gabus  atau boleh juga kita menyebutnya Ikan Snakehead, ada yang paling menonjol dan cenderung diminati atau sekedar digemari.

ikan gabus snakehead banyak terdapat di perairan di Indonesia. Mengapa? Karena ikan predator air tawar ini lebih banyak hidup di sungai, rawa-rawa, maupun danau.

Hampir sama seperti kembarannya, yaitu Lungfish. Ikan Snakehead atau dengan nama lain ikan gabus snakehead juga dapat bertahan di darat dalam waktu yang relatif lama (meskipun tidak bisa seharian apalagi berbulan-bulan layaknya Lungfish). Ini seperti yang kita ketahui bahwa ikan gabus snakehead dapat bernafas secara langsung dengan udara luar.

Dan berikut adalah jenis-jenis dari ikan gabus snakehead atau biasa disebut Channa yang populer di dunia ikan predator.



1. Ikan Gabus Snakehead Chana Micropeltes


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Micropeltes ( Toman )

Yang pertama adalah Channa Micropeltes. ikan gabus snakehead jenis ini lebih banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara. Channa Micropeltes kerap kali dijuluki sebagai ikan Toman.

Bentuknya yang loreng-loreng menyerupai harimau menjadikannya ikan predator jenis Gabus yang banyak peminatnya. Ditambah lagi harganya yang relatif terjangkau atau murah membuatnya mudah sekali dibeli.

Tapi sayang, beberapa orang tidak bertanggung jawab dengan melepas Channa Micropeltes ke alam liar sehingga menjadi spesies invasif di beberapa daerah di Indonesia.

Terkait cara merawat, tidak ada yang sulit bahkan bisa dibilang sangat mudah dan tidak perlu perawatan yang khusus serta aneh-aneh.

 Baca juga : 33 Jenis ikan gabus snakehead terpopuler

2. Ikan Gabus Snakehead Chana Diplogramma


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Diplograma

Kemudian yang berikutnya ada Ikan Gabus Snakehead Chana Diplogramma yang juga cukup populer. Ikan predator ini sering dijumpai di habitat aslinya yaitu di Semenanjung India.

Bentuknya sekilas mirip Channa Micropeltes, tetapi ketika sudah besar, Diplogramma tentu memiliki motif yang berbeda dan lebih keren serta gelap.

Ikan ini terkenal dengan sebutan Malabar Snakehead. Channa Diplogramma memiliki daya tarik yang tinggi di mata pecinta ikan predator. Tapi yang sangat dikhawatirkan adalah ikan ini dilabeli “Vulnerable” oleh pihak IUCN. Yang berarti, populasinya sudah tidak banyak lagi.



3. Ikan Gabus Snakehead Chana Bleheri


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Bleheri

Yang ketiga adalah Ikan Gabus Snakehead Chana Channa Bleheri, ikan ini juga cukup populer dengan julukan Rainbow Snakehead. Ikan yang memiliki motif menyerupai pelangi ini memiliki habitat di Assam, India.

Bentuknya sangat cantik karena tidak hanya motif pelangi di badannya, tapi juga warna oranye yang berada di sirip-sirip Channa Bleheri.

Baca juga : Jual bibit toman kalimantan

4. Ikan Gabus Snakehead Chana Pleuro


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Pleuro

Selanjutnya adalah Ikan Gabus Snakehead Channa Pleuro atau nama ilmiahnya adalah Channa pleurophthalma. Channa Pleuro bisa mencapai ukuran paling besar 40 cm.

Dan corak di tubuhnya cukup unik, dengan warna dasar kehijauan dan kebiruan kemudian di tengah-tengah terdapat 2-3 bercak hitam besar yang menghiasi tubuhnya. Inilah yang biasanya menggoda dompet para pecinta ikan predator khususnya penggemar ikan gabus snakehead.

Oh iya, ikan ini dapat ditemukan di Indonesia yaitu di daerah Sumatra dan Borneo. Ikan ini lebih memilih air yang hitam tapi bersih di habitat aslinya. Di Indonesia, Channa Pleuro seringkali dipanggil ikan gabus snakehead Selendangmayang.



5. Ikan Gabus Snakehead Chana Barca


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Barca

Yang kelima adalah Ikan Gabus Snakehead Channa Barca yang sangat populer itu. Yang unik adalah peminatnya banyak padahal harganya sangat mahal.

Konon, harga yang sangat mahal ini karena habitatnya berada di daerah yang rawan konflik. Sehingga mungkin hal itulah yang menyebabkan naiknya harga Channa Barca,

Channa Barca memiliki corak yang biru yang sangat menarik bagi yang melihatnya. Tidak hanya itu, siripnya yang melebar ke atas menambah pesona ikan Barca Snakehead.

Habitat ikan ini adalah negara bagian Assam dan Nagaland di India bagian timur laut.



6. Ikan Gabus Snakehead Chana Auranti


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Auranti

Berikutnya ada ikan yang sempat mengguncang dunia ikan predator yaitu Channa Auranti, atau biasa juga dikenal dengan Orange-Spotted Snakehead.

Kenapa bisa mengguncang dunia ikan predator? Karena bentuknya yang mirip Channa Barca maka tak heran ikan ini dijadikan media untuk modus penipuan.

Bentuk fisik ikan yang bisa mencapai panjang 40 cm ini memang sedikit sulit dikenali karena mirip sekali dengan Channa Barca.

Hal ini terbukti dari maraknya penipuan tentang Channa Auranti yang diklaim sebagai Channa Barca. Sebenarnya tidak terlalu sulit juga untuk membedakannya, dengan syarat lihatlah secara detail jangan hanya sekilas.

Baca juga : Membuat kolam ikan murah meriah

Ikan yang memiliki nama latin Channa aurantimaculata ini adalah endemik Sungai Brahmaputra. Channa Auranti bisa Anda ditemukan di hutan hujan tropis, tempat yang sering mengalami hujan deras, memiliki kelembaban tinggi, dan suhu musim panas yang sangat panas.



7. Ikan Gabus Snakehead Chana Andrao


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Andrao

Yang ketujuh ada Channa Andrao yang memiliki corak khas yakni warna abu-abu kecoklatan di bagian badannya dan biru di bagian siripnya.

Warnanya cukup simpel dan malah terlihat seperti ikan Cupang. Channa Andrao bukan ikan predator yang mampu tumbuh hingga benar-benar berukuran besar, maksimal hanya 110 mm saja.

Channa jenis ini juga banyak peminatnya khususnya bagi pecinta ikan yang berwarna biru. Tidak ada Channa Barca? Channa Andrao pun jadi.



8.Ikan Gabus Snakehead Chana Gachua


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Gachua

Channa Gachua pun menempati posisi urutan kedelapan. Ikan predator ini hampir mirip juga dengan Channa Andrao apabila kita melihatnya secara sekilas.

Ikan predator ini dapat ditemukan di negara-negara Asia mulai dari Pakistan hingga Indonesia. Terkadang Channa Gachua juga disebut sebagai Dwarf Snakehead.

Dwarf Snakehead dapat tumbuh mencapai panjang 20 cm. Mungkin memang bukan ukuran yang besar untuk sekelas ikan gabus snakehead. Channa Gachua di alam liar sudah terbiasa memangsa ikan-ikan kecil dan juga serangga.



9. Ikan Gabus Snakehead Chana Bankanensis


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Bankanensis

Channa Bankanensis lumayan cukup terbilang eksis di dunia Channa karena ikan ini memiliki motif yang bisa menghibur mata kita. Corak bercak-bercak hitam yang hampir menyatu menyerupai baris ini menghiasi sepanjang badannya.

Badan Channa Bankanensis sebenarnya berwarna coklat, tetapi ada juga yang berwarna coklat tua atau coklat muda bahkan krem.

Channa Bankanensis mampu tumbuh hingga panjangnya mencapai 20 cm. Channa ini sebaiknya dipelihara dengan sesama spesiesnya saja, jangan dicampur ikan lain apalagi dengan ukuran yang lebih kecil.

Ikan predator ini memiliki habitat yang berada di Pulau Bangka, Sumatra. Itulah alasan ikan ini juga dijuluki Bangka Snakehead.



10. Ikan Gabus Snakehead Chana Striata


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Chana Striata

Yang terakhir alis yang kesepuluh adalah Channa Striata atau yang biasa kita kenal dengan ikan gabus snakehead Jawa. Tapi jangan salah, bukan berarti ikan gabus snakehead ini hanya berada di Jawa, bahkan menyebar ke bebrbagai tempat. Ikan ini berasal dari Asia Selatan, Asia Tenggara, dan bahkan Kepulauan Madagaskar.

Ikan yang juga dijuluki Stripped Snakehead adalah memiliki corak yang kurang menarik, hanya berwarna coklat tua dengan motif coklat muda yang menghiasinya.

Secara kasat mata memang tidak ada yang menarik dari Channa Striata karena biasa digunakan untuk konsumsi atau bahan ekstrak suplemen. Kebanyakan Channa Striata sudah menjadi ikan ternak untuk kepentingan komersial tersebut.

Dan itulah 10 jenis ikan gabus snakehead atau Channa yang populer di dunia ikan predator. Anda memiliki salah satu diantara sepuluh daftar berikut? Atau bahkan punya 4-7 jenis dari daftar tersebut? Anda pasti kolektor ikan Channa.

Yang jelas hati-hati terkait temperamental seekor ikan Channa bisa sangat berdampak bagi tankmate-nya. Terima kasih dan semoga artikel berikut bermanfaat bagi Anda. 


10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia
Griya Arka Kendal


GRIYA ARKA KENDAL

Berdiri Sejak : Agustus 2015
Lokasi : Kaliwungu, Kab Kendal Jawa Tengah
Call or WhatsApp : 0895353773175

Menyediakan aneka bibit ikan :

1. Bibit ikan gabus / kutuk makan pelet

2. Bibit ikan Toman Kalimantan

3. Bibit Maru Borneo dan Red Maruliodes

4. Bibit Belut hasil budidaya

5. Konsumsi ikan Gabus / kutuk dan Konsumsi Belut


WhatsApp : https://api.whatsapp.com/send?phone=62895353773175


Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLf_I6AAxhHd3QCYlDCQgaQ


blog kami : https://budidayaikangabuskendal.blogspot.com/


facebook : https://www.facebook.com/griyaarkakendal


Instagram : https://www.instagram.com/griyaarkakendal/


Email for Bussines : arkadoktermuda@gmail.com


Google Maps : Bibit ikan gabus kendal

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 ikan gabus snakehead terpopuler dan terunik di Indonesia"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel