-->

Chana maruliodes berbeda dengan chana micropeltes

Chana maruliodes berbeda dengan chana micropeltes

Halo sobat Griya Arka Farm Kendal dimanapun kalian berada. Kalian pasti tau Ikan Chana Maruliodes itu seperti apa? Yukk baca artikelnya sampai selesai ya...

Chana Maruliodes atau bisa disebut Emperor Snakehead


Kali ini membahas tentang salah satu kerabat dekat dari ikan toman (Channa micropeltes) yaitu Ikan Maruliodes atau ikan toman bunga (Channa maruliodes). Ikan ini juga biasa disebut ikan toman kerandang dan dalam bahasa inggrisnya adalah Emperor Snakehead. Karena masih satu famili dengan ikan gabus dan toman, yaitu family channidae Ikan maruliodes memiliki karakteristik yang hampir sama secara umum. Namun meski begitu ikan ini tetap memiliki ciri ciri yang menonjol dan menarik. Ikan ini banyak ditemukan di sungai di kalimantan dan sumatra, yang memiliki suhu kisaran 25-30°C dengan tingkat keasaman sedang.

Baca juga : Chana maruliodes adalah salah satu ikan jenis predator termahal di Indonesia

Karakteristik ikan Chana Maruliodes ini cukuplah unik dan menarik, seiring dengan bertambahnya ukuran dari ikan ini maka corak tubuhnya pun akan berubah. Pada saat masih bisa dibilang fase baby yaitu sekitar ukuran 1-10cm, hanya terdapat 2 warna pada tubuhnya yaitu warna kuning di bagian punggung dan biru di bagian samping serta warna putih di perutnya. Namun terkadang juga sudah mulai muncul marking warna hiatam bergaris di badannya dari atas ke bawah. Pada ukuran 10-30 barulah perkembangan marking mulai nampak. Berawal dari sirip yang mulai berubah menjadi hitam lalu badan yang berubah menjadi warna hitam / kuning tergantung tempat ia tinggal dan mulai muncul corak bunga. Corak bunga inilah yang menjadikan dasar pemberian nama toman bunga. Corak bunga ini adalah sisik pada tubuh ikan yang berwarna hitam yang memiliki garis luar putih. Semakin banyak bunganya maka ikan ini akan memiliki nilai jual yang tinggi karena coraknya. Tetapi terkadang beberapa ikan didapati tidak memiliki / hanya terdapat corak bunga pada tubuhnya. Perbedaan dengan ikan toman adalah terletak pada kepala dan ekornya. Jika ikan toman memiliki kepala yang cenderung meruncing dan ekor yang tidak berhimpitan dengan sirip bawah dan atas, Ikan Chana Maruliodes memiliki kepala yang cenderung lebar dan memiliki sirip bawah dan atas yang berhimpitan dengan sirip ekornya.

Baca juga : Cara merawat ikan super mahal Chana Maruliodes

Dalam segi pemeliharaannya, ikan ini dapat memakan cacing sutra, ikan kecil, jangkrik, ulat hongkong, bahkan katak. Memelihara Ikan maru juga tidak jauh berbeda dengan ikan toman, kita hanya perlu menjaga kualitas air dan ketersediaan makanan, karena ikan ini bisa dibilang ikan yang rakus. Catatan bagi yang ingin memelihara ikan ini usahakan agar memberikan tutup pada atas aquarium, karena ikan Maru memiliki sifat yang suka meloncat. Berdasar dari pengalaman, ikan saya berulang kali loncat keluar tank. Tetapi seiring bertumbuh besar ikan ini akan lebih jarang meloncat.

Menurut para hobiis ikan predator, ikan Chana Maruliodes memiliki  subspesies yaitu borneo dan sumatera. Agak sulit memang untuk membedakan mana yang borneo dan yang sumatera.

Sedangkan haga ndiri sekarang masih tergolong lumayan, tetapi sudah ada beberapa yang berhasil menernaknya. Untuk harga yang masih ukuran 7-8 cm berkisar 35-40 ribu.


Lalu apakah anda tertarik untuk mengembangkan / membudidayakan ikan Chana Maruliodes ini ? 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Chana maruliodes berbeda dengan chana micropeltes"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel