-->

Perbedaan Chana Andrao dengan Chana Gachua PANDUAN

Perbedaan Chana Andrao dengan Chana Gachua PANDUAN

Perbedaan Chana Andrao dengan Chana Gachua PANDUAN
 Chana Andrao - Snakehead fish


Hallo sobat Griya Arka Kendal dimanapun kalian berada. Kali ini saya akan sedikit memberikan tips bagaimana sih membedakan Ikan Chana Andrao dan Chana Gachua yang masih dalam ruang lingkup Keluarga Chana ( snakehead ) ini. Yuk simak dan dibaca sampai selesai ya. Semoga bermanfaat

Channa andrao merupakan spesies gabus kecil berasal dari perairan yang berada di kaki gunung himalaya dan asam India. Ukuran maksimal hanya 20 - 25 cm. ikan ini cocok dipelihara pada akuarium yang tidak memiliki space luas. Seiring perkembangan zaman Ikan ini tersebar di sebagian besar wilayah Asia termasuk Indonesia.

Chana gachua yang mempunyai nama lokal kotes, bogo atau benguk adalah salah satu ikan dari genus Channidae yang berukuran kerdil (dwarft). Ikan ini tersebar di sebagian besar wilayah Asia termasuk Indonesia. Gachua adalah satu dari dua genus channa yang masih bertahan hidup di pulau Jawa.

Di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, Chana Gachua banyak tersebar di sungai-sungai dataran tinggi serta aliran irigasi persawahan di kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Ciri fisiknya adalah tubuhnya memanjang dengan kepala bulat dan mulut yang lebar serta siripnya berwarna hitam dengan corak dibagian badan sangat indah dan unik. Banyak masyarakat awam yang mengira Chana Gachua adalah anak dari Chana Andrao, mereka menamainya benguk atau anak kuthuk, padahal kedua spesies ini berbeda. Perbedaaan Chana Andrao dan Chana Gachua bisa dilihat pada tabel dan foto berikut :



Perbedaan Chana Andrao dengan Chana Gachua PANDUAN
Chana Andrao - Snakehead Fish

Chana Andrao

Warna sirip depan kanan kiri

Warna sirip kanan dan kirinya berwarna hitam dengan garis - garis vertikal pada awal dan garis - garis horizontal pada bagian tengah sampai ujung sirip.

Warna sirip atas dan bawah

Warna sirip atas dan bawah pada Chana Andrao adalah biru dengan balutan warna hitam kemerahan pada bagian awal dan ujung siripnya.

Warna ekor

Warna ekor yang dimiliki Chana Andrao adalah garis - garis warna biru dengan balutan warna hitam kemerahan pada bagian ekornya

Warna corak badan

Warna cora pada bagian badan Chana Andrao adalah potongan garis - garis warna orange kemerahan dan terbelah garis putih vertikal di sepanjang badan samping Chana Andrao

Ukuran 

Chana Andrao dapat tumbuh antara size 20-25cm


Perbedaan Chana Andrao dengan Chana Gachua PANDUAN
Chana Gachua - Snakehead Fish

Chana Gachua

Nama Lokal : kotes, bogo atau benguk

Warna sirip depan kanan kiri

Warna sirip kanan dan kirinya berwarna hitam dengan garis - garis vertikal berwarna putih

Warna sirip atas dan bawah

Warna sirip atas dan bawah pada Chana Gachua adalah sedikit biru dengan balutan warna orange kemerahan pada bagian awal dan ujung siripnya.

Warna ekor

Warna ekor yang dimiliki Chana Gachua adalah sedikit garis - garis warna biru kehitaman dengan balutan warna orange kemerahan pada bagian ujung ekornya

Warna corak badan

Warna cora pada bagian badan Chana Gachua adalah hitam seperti yang dimiliki chana striata
Ukuran 

Chana Gachua dapat tumbuh antara size 20-25cm



Karakter

Karakter ikan Chana Andrao dan Chana Gachua hampir sama dengan ikan dengan genus chanidae pada umumnya, yakni agresif dan cenderung soliter, Biasanya Chana Andrao dan Chana Gachua dipelihara untuk ikan hias akuarium karena kedua ikan ini sama - sama memiliki keindahan tubuh yang sangat mengagumkan.


Oh iya, jika dinilai dari segi keaktifan berenang Chana Andrao dan Chana Gachua adalah ikan yang pasif dalam berenang dan suka berleha-leha di balik batu. Meskipun begitu jika sudah terbiasa dengan pemiliknya dia akan hiperaktif.


Dan dari cara dia memakan mangsanya sangat buas dan kejam. Hal itu menjadikan kedua ikan ini Chana Andrao dan Chana Gachua mendapat predikat sebagai ikan predator paling ganas di antara keluarga chana lainnya


Diet / Makanan

Di habitat aslinya Chana Andrao dan Chana Gachua memangsa serangga kecil yang jatuh ke air seperti belalang dan jangkrik, Semasa kuliah saya biasa memancing ikan ini di kali code atas menggunakan umpan jangkrik yang diapungkan. Tak hanya serangga, Chana Andrao dan Chana Gachua juga memangsa ikan-ikan kecil, udang dan anakan kepiting.

Sebagai ikan hias

Meskipun tergolong ikan lokal Jawa yang masih mudah di dapat, Chana Andrao dan Chana Gachua kini mulai dipelihara oleh Pencinta ikan hias dan predator karena warnanya yang indah dan perawatannya yang tidak terlalu rumit. Selain itu, dilihat dari kombinasi warna dan bentuk tubuhnya ikan ini termasuk ikan yang eksotis menurut saya. Ikan ini juga unik karena lain daerah lain juga warna badan dan coraknya yang indah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Chana Andrao dengan Chana Gachua PANDUAN"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel