-->

Chana Maruliodes adalah salah satu jenis ikan snakehead termahal di Indonesia

Chana Maruliodes adalah salah satu jenis ikan snakehead termahal di Indonesia

Channa Maruliodes atau sering disebut Jalai (Sumatera), Toman Bunga (Melayu), Peyang (Kalimantan) adalah ikan dari keluarga Channa (gabus-gabusan). Daerah penyebaran ikan ini di Indonesia adalah di pulau Kalimantan dan Sumatera. Di dunia ikan hias ikan ini lebih sering disebut dengan Maru.



Chana Maruliodes adalah salah satu jenis ikan snakehead termahal di Indonesia
Chana Red Emperor - Red Maruliodes

Ciri fisik
Selama hidupnya Maruliodes mengalami tiga fase warna yakni saat masih bayi ukuran 3-10 cm Maruliodes berwarna gelap kebiru-biruan, pada fase kedua (ukuran 10-30 cm) Maruliodes akan berwarna coklat dengan perut warna putih hampir mirip seperti ikan gabus biasa (channa striata), pada fase ketiga yakni saat dewasa 40-100 cm Maruliodes akan mulai menampakkan warna aslinya yakni kekuningan seperti foto diatas. Dan ketika dewasa akan tumbuh corak berwarna hitam dengan pinggiran putih di sisiknya (bunga), yakni ketika maru memasuki usia 1,5 Tahun dan corak itu akan bertambah banyak seiring dengan bertambahnya umur. Di masing-masing daerah maru memiliki warna dan corak yang berbeda-beda.

Baca Juga : Mengenal Ikan Toman Chana micropeltes Asli Kalimantan

Di Kalimantan


Chana Maruliodes adalah salah satu jenis ikan snakehead termahal di Indonesia

Maruliodes yang sedari kecil hidup di sungai-sungai atau rawa-rawa di Kalimantan ketika dewasa akan memiliki warna orange kemerah - merahan dan hitam yang tegas di tubuhnya. Hal ini disebabkan karena di Kalimantan banyak terdapat lahan gambut yang membuat Ph air di sungai-sungai di Kalimantan menjadi rendah. Selain karena faktor itu menurut salah satu teman saya di komunitas IGY, Carlos : Warna maru juga dipengaruhi oleh adanya tanaman kelakai yakni semacam tanaman pakis yang tumbuh di pinggiran danau di Kalimantan, ketika musim kemarau tanaman tersebut akan mati mengering, setelah musim penghujan tiba tanaman kelakai kering tersebut masuk kedanau karena luapan air danau, sehingga menjadikan Ph air rendah, bahkan warna danau akan menjadi kemerahan. Hal ini berpengaruh terhadap warna ikan yang hidup di sana, Tak hanya maruliodes bahkan ikan lain seperti arwana, datz, dan botiapun pun warnanya menjadi kemerahan akibat habitat tersebut.

Baca Juga : Stop Introduksi ikan Toman asli Kalimantan

Di Sumatera


Chana Maruliodes adalah salah satu jenis ikan snakehead termahal di Indonesia

Di Sumatera maruliodes dikenal dengan nama Jalai, warna maru di daerah sumatera cenderung berwarna gelap kekuningan dengan motif batik pada bagian ekornya.

Namun apabila dipelihara dari kecil baik maruliodes dari kalimantan ataupun dari sumatera tak ada beda nya. Warna yang akan muncul ketika dewasa tergantung pada perawatan kualitas air: Ph air, makanan, setingan tank dan umur ikan. Sebagai contoh, ini adalah maruliodes sumatera milik affi, warnanya kemerahan seperti maruliodes borneo wc:

Sebagai Ikan Hias
Di dunia internasional Maruliodes adalah ikan yang terkenal di kalangan penggila ikan predator. Keindahan dan gerakannya yang anggun menjadikan maruliodes sebagai salah satu ikan eksotis yang cukup mahal di luar negeri. Di pasaran lokal ikan ini juga mulai banyak diperjual-belikan sebagai ikan hias dan cukup diminati kalangan hobiis,  khususnya dikalangan penghobi ikan predator.
Di bawah ini adalah foto harga maruliodes yang di jual di salah satu toko ikan hias di jogja, foto diambil 2 tahun yang lalu oleh teman saya Dono



Chana Maruliodes adalah salah satu jenis ikan snakehead termahal di Indonesia



Sifat dari ikan chana maruliodes

Maruliodes termasuk ikan yang kalem dan "ramah", berbeda dengan jenis snakehead lainnya yang cenderung agresif dan susah di comtank. Channa Maruliodes adalah ikan yang paling saya sukai. selama saya memelihara ikan, lebih dari 30 maruliodes sudah saya pelihara. Namun tak pernah ada yang sampai ukuran 50 cm up, baik dikarenakan mati melompat ataupun kujual karena tergoda bujuk rayu duniawi. Sekarang saya cuma memelihara 2 ekor maruliodes dari Kalimantan dan satu lagi dari Sumatera. Mungkin 2 ekor maru ini akan saya pertahankan sampai mati :D

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Chana Maruliodes adalah salah satu jenis ikan snakehead termahal di Indonesia"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel