-->

6 Cara Merawat Ikan Channa Micropeltes Untuk Pemula

Cara Merawat Ikan Channa Micropeltes Untuk Pemula

6 Cara Merawat Ikan Channa Micropeltes Untuk Pemula
Channa Micropeltes atau sering disebut Giant Snakehead Fish

Hallo Semuanya.. Kali ini saya ingin sedikit memberikan tips nih cara merawat Ikan Channa Micropeltes untuk para pemula. Silahkan dibaca sampai selesai ya. Jangan lupa share ke sosial media kalian agar bermanfaat untuk banyak orang. Semoga bermanfaat.

Banyak orang mengira bahwa ikan Channa Micropeltes itu ikan yang susah dipelihara. Padahal sebenarnya, asal kamu tahu cara merawatnya, ikan Channa Micropeltes bisa termasuk mudah dalam hal perawatan.

Kalau dibahas sekilas, ikan Channa Micropeltes atau sering disebut juga Giant Snakehead Fish merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer di Indonesia. Terutama di kalangan pecinta ikan hias predator. Ikan ini punya nama lain yaitu Giant Snakehead Fish. Dimana ciri khasnya adalah warna kombinasi antara hitam, hijau dan biru dengan corak batik yang sangat indah.

Lalu buat kamu para pemula yang masih bingung, apa saja sih tips merawat ikan Channa Micropeltes ? Kamu penasaran? Yuk simak hal yang perlu diperhatikan dibawah ini.

1. Beri makan ikan kecil
Tips yang pertama adalah dengan memberinya makanan berupa ikan kecil. Seperti yang kamu ketahui kalau ikan Channa Micropeltes atau Giant Snakehead adalah salah satu ikan predator yang cukup garang.

Saat memelihara Channa Micropeltes, kamu bisa memberinya makanan ikan-ikan kecil contohnya seperti ikan Molly, Lele, Cere, dan lainnya. Perkara pakan ikannya hidup atau mati, sebenarnya ikan ini fleksibel untuk memakan kedua tipe ikan tersebut.

Baca juga : Profil Chana maruliodes dan cara perawatannya by Arka Farm

Namun disarankan kamu memberinya makanan berupa ikan yang masih hidup. Selain lebih fresh, tentu dapat melatih skill berburu dari ikan Channa Micropeltes semakin sangar. Sehingga insting predator alaminya tidak hilang.

2. Dekorasi tanaman air
Kemudian yang kedua adalah terkait dekorasi tanaman air. Di habitat aslinya, Channa Micropeltes sangat suka hidup di daerah perairan dengan vegetasi alias tanaman air yang melimpah.

Untuk itulah penting membuat ikan ini nyaman dengan memberinya dekorasi berupa tanaman air. Tanaman airnya pun bebas kamu pilih, mau yang asli atau bisa juga yang plastik.

Dan jangan lupa, tidak hanya tanaman air saja ya, lengkapi dekorasi lainnya. Seperti pasir, batu-batuan, sampai kayu. Pokoknya semakin mirip dekorasi akuarium seperti habitat aslinya, maka semakin nyaman pula si ikan Channa Micropeltes tersebut. Dan Tehnik ini akan meningkatkan pesona indah pada ikan Channa Micropeltes anda.

3. Pemilihan tankmate
Lalu tips yang ketiga adalah soal pemilihan tankmate. Kalau kamu pelihara ikan Channa, maka tidak bisa sembarangan dalam memilih tankmate.

Saat ikan Channa Micropeltes masih kecil, mungkin kamu bisa lebih leluasa untuk memilih tankmate. Kenapa bisa begitu? Itu karena Channa Micropeltes saat kecil masih cenderung kalem dan tenang.

Namun ketika Channa Micropeltes sudah mencapai kematangan seksual, ikan ini bakal agresif. Pada saat itulah Channa Micropeltes hanya dapat dipelihara sendirian saja. Jika dipaksakan dengan pola kelompok / koloni sangatlah berbahaya karena dapat memangsa ikan lainnya / sejenisnya yang lebih lemah. sampai disini paham ya.

4. Background akuarium yang pas
Pada urutan keempat, tipsnya adalah tentang background akuarium yang harus pas. Pada tips yang keempat ini lebih bertujuan untuk mempercantik tampilan sehingga siapapun yang melihatnya jadi lebih enak.

Baca juga : Jual bibit chana red maruliodes grade A ! Hasil budidaya 

Untuk background akuariumnya kamu bisa menggunakan warna antara hitam, hijau, dan biru. Warna background yang hitam membuat tampilan terkesan tegas dan lebih mencolok untuk si ikan Channa Micropeltes. Sedangkan warna hijau lebih terkesan natural dan warna biru terkesan lebih akuatik serta segar.

5. Pemakaian lampu
Terakhir, tips yang kelima adalah soal pemakaian lampu. Sama seperti tips keempar, tips kelima ini lebih berorientasi pada penampilan dan estetika. Jadi selain menambahkan background akuarium, jangan lupa juga ya untuk menambahkan lampu.

Lampu yang kamu pakai bisa berupa lampu UV. Untuk warna mungkin akan lebih cocok jika menggunakan warna putih. Selain lebih terang, cahaya warna putih pada lampu UV juga dinilai lebih netral. Bagiamana? Apakai kamu setuju kalau warna lampu sebaiknya putih saja? Atau malah menurutmu merah dan warna-warna lainnya? Berikan komentar kalian dibawah ya cocoknya pakai apa...

6. Pengaman Jaring / Ram besi
Karakteristik ikan semua ikan channa adalah hobby melompat keluar kolam / akuarium. Maka berilah pengaman kolam / akuarium anda seperti jaring / ram besi agar ikan tidak melompat keluar dan mati sia-sia.

Nah itulah 6 tips merawat ikan Channa Micropeltes khusus untuk pemula. Bagiamana? Ternyata mudah kan memelihara ikan ini? Asalkan tahu caranya, semua jadi mudah kok. Semoga bermanfaat untuk banyak orang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Merawat Ikan Channa Micropeltes Untuk Pemula"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel