-->

Fakta menarik ikan piranha yang belum banyak orang tau

Fakta menarik dari ikan piranha

Fakta menarik ikan piranha yang belum banyak orang tau
Ikan Piranha adalah salah satu ikan predator yang bergigi sangat tajam - Griya Arka Kendal

Penasaran kan seperti apa sifat ikan ini yang sebenarnya? Yuk simak 12 fakta menarik tentang ikan piranha yang dirangkum Griya Arka Kendal dari berbagai sumber.

1. Arti Nama Piranha
Salah satu karakteristik khas ikan piranha adalah giginya yang tajam dan mengerikan. Faktanya, nama piranha sendiri berarti "ikan bergigi" dalam bahasa suku Tupi yang berdiam di Brazil.

2. Asal-usul Reputasi Jeleknya
Reputasi mengerikan ikan piranha rupanya berasal dari buku Through the Brazilian Wilderness yang ditulis oleh mantan Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt. Buku ini menceritakan perjalanan Roosevelt di Amerika Selatan pada tahun 1913 di mana ia bertemu beberapa spesies piranha.

Dalam bukunya, ia menyebut bahwa ikan piranha lebih mengerikan dibanding ikan hiu dan ikan barracuda. Ikan piranha juga disebut bisa memutilasi orang yang berenang di sungai dan memakan orang atau binatang besar seperti sapi yang sedang terluka.

Baca juga : Cara merawat ikan arwana agar gesit dan lincah

3. Hidup di Amerika Selatan
Saat ini habitat alami ikan piranha adalah sungai-sungai di Amerika Selatan, mulai dari Sungai Orinoco di Venezuela sampai Sungai ParanĂ¡ di Argentina. Diperkirakan ada 30 spesies ikan piranha berbeda yang hidup di danau dan sungai di Amerika Selatan saat ini.

Ikan air tawar ini telah menghabiskan jutaan tahun menguasai sungai-sungai di Amerika Selatan. Fosil membuktikan nenek moyang ikan piranha mulai menempati sungai di kawasan ini sejak 25 juta tahun yang lalu, tapi ikan piranha modern baru hadir di kawasan ini sejak 1,8 juta tahun yang lalu.

4. Gigi Piranha Bisa Copot
Gigi piranha terkenal tajam dan menakutkan yang tingginya bisa mencapai 4 milimeter. Gigi piranha juga bisa copot beberapa kali selama masa hidupnya, yang bisa mencapai delapan tahun di penangkaran.

5. Gigitannya Sangat Kuat
Piranha tidak hanya memiliki gigi yang tajam, tapi ikan ini juga bisa menggigit dengan kekuatan yang mencengangkan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Scientific Reports, peneliti menemukan bahwa piranha hitam, yang merupakan spesies piranha modern terbesar, bisa menggigit dengan kekuatan sebesar 32 kilogram. Angka tersebut tiga kali lebih besar dari massa tubuh mereka!

6. Piranha Memakan Manusia, Tapi...
Pemikiran bahwa ikan piranha bisa memakan manusia hidup-hidup mungkin hanya mitos fiksi dibanding fakta. Memang pernah ditemukan beberapa kasus piranha yang memakan manusia di Amerika Selatan, tapi biasanya korban sebelumnya tenggelam dan telah meninggal dunia terlebih dahulu.

Baca juga : Proses Pembesaran Ikan Gabus Kutuk Secara Intensif Makan Full Pelet Sampai Panen

7. Beberapa Ada yang Kanibal
Makanan sehari-hari ikan piranha adalah serangga, ikan, udang-udangan, ulat dan masih banyak lagi. Tapi, pilihan menu ini sering berganti seiring usia ikan piranha dan ketersediaan sumber makanan.

Jadi, jika makanan favorit mereka sedang menipis dan kompetisi di sungai sedang banyak, ikan piranha kadang menjadi kanibal dan memakan sesamanya, baik itu dalam keadaan hidup atau mati.

8. Ada Juga yang Vegetarian
Walau identik sebagai ikan pemakan daging yang ganas, ada juga spesies ikan piranha yang omnivora atau pemakan daging dan tumbuhan. Bahkan peneliti menemukan spesies Tometes camunani yang hidup di cekungan Trombetas di ParĂ¡, Brazil yang justru lebih sering memakan gulma sungai.

9. Mengincar Ekor dan Mata Mangsa
Studi yang dilakukan pada tahun 1972 menemukan ikan piranha perut merah lebih sering menyerang mangsanya mulai dari ekor dan atau mata mereka. Peneliti mengungkap strategi ini dilakukan karena bisa melumpuhkan mangsa dengan efektif.


10. Bisa "Menggonggong"
Ikan piranha bisa mengeluarkan tiga suara khas untuk memperingatkan lawannya. Jika diancam oleh ikan lain, piranha akan mengeluarkan suara yang mirip dengan gonggongan anjing.

Jika sedang bertarung dengan ikan lain, ikan piranha mengeluarkan suara mendengus atau bunyi gedebuk yang dihasilkan oleh organ swimbladder. Jika lawannya tidak segera mundur, piranha akan menggertakkan gigi-giginya dan langung mengejar musuhnya.

11. Bisa Dimakan
Sup piranha merupakan makanan yang populer di kawasan Pantanal di Brazil. Tapi ada juga yang memasak piranha dengan cara dipanggang di atas daun pisang dan dibumbui dengan tomat dan jeruk limau.

Di beberapa komunitas di Amazon, ikan piranha dianggap sebagai afrodisiak atau makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual. Tapi ada juga yang menganggap memakan ikan piranha sebagai hal yang tabu.

12. Hanya Menyerang jika Diganggu
Walau memiliki reputasi suka menyerang manusia, piranha sesungguhnya hanya menyerang jika mereka diganggu. Biasanya piranha menyerang penyelam jika tinggi muka air menurun, mangsa menipis, atau jika ada yang mengganggu telur mereka yang dikubur di dasar sungai.

Intinya, jika seseorang berada di situasi di mana ikan piranha merasa terancam atau sangat lapar, kemungkinan ikan tersebut akan menjadi lebih agresif dan bisa saja menyerang manusia.

Semoga bermanfaat informasi ini ya guys...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta menarik ikan piranha yang belum banyak orang tau"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel