-->

Ikan Piranha bukanlah spesies paling ganas di SUNGAI AMAZON

Spesies paling berbahaya di Sungai Amazon

Ikan Piranha bukanlah spesies paling ganas di SUNGAI AMAZON
Misteri Sungai Amazon
Banyak yang tak lagi meragukan bagaimana keganasan ikan piranha. Predator yang satu ini memang kerap kali digambarkan sebagai sekawanan ikan lapar yang akan memakan mangsanya hingga habis tak bersisa. Bahkan ikan piranha kerap kali muncul di film-film dengan gambaran yang serupa, yakni ikan yang sangat berbahaya dan mematikan.

Tapi ternyata, predator ganas piranha ini bukanlah hewan yang paling mematikan, setidaknya di sungai Hutan Amazon.
Anda harus tahu bahwa setidaknya ada enam hewan lainnya yang paling mematikan di hutan seluas 2,12 juta meter persegi ini.

Di hutan ini sebenarnya ada sekitar 430 spesies mamalia, 378 spesies reptil, 400 spesies amfibi, 3000 spesies ikan dan sekitar 2,5 juta jenis serangga yang mendiami hutan hujan tropis terluas di dunia ini.

Berikut merupakan daftar delapan hewan paling mematikan di Pulau Amazon yang ternyata bukan cuma ikan piranha saja.

1. Katak Panah Beracun
Katak Panah Beracun alias Dart Frog (National Geographic)
Katak Panah Beracun alias Dart Frog (National Geographic)
Katak Panah Beracun mungkin menjadi makhluk paling mematikan di hutan hujan tropis Amazon.
Hewan bernama cerah ini bisa ditemukan di rawa-rawa, danau, maupun sungai. Tergantung pada habitatnya, katak panah beracun ditemukan dalam warna yang berbeda termasuk emas, tembaga, merah biru atau hijau.

Baca juga : CARA PERAWATAN LOBSTER AIR TAWAR By Griya Arka Kendal

Mau tahu seberapa beracunnya katak ini? Diperkirakan mereka mengandung cukup racun untuk membunuh 10 manusia dewasa.

Warna kulit yang cemerlang dari katak panah beracun sebenarnya adalah peringatan untuk predator potensial mereka.

Jika ada pemangsa yang mencoba memangsanya, katak ini akan mengeluarkan racun yang berada di kulitnya. Jika terpapar maka akan menyebabkan pembengkakan, kelumpuhan otot, mual, dan bahkan kematian.

Racun yang sangat berbahaya ini diperoleh dari makanan mereka seperti semut, lipan, dan rayap. Racun yang ditemukan pada serangga ini berasal dari tanaman yang mereka makan.

Leimadophis Epinephelus, sejenis ular khusus yang ditemukan di hutan hujan Amazon adalah satu-satunya pemangsa alami katak panah beracun. Mereka bisa makan katak panah beracun tanpa terpengaruh oleh racun berbahaya.

2. Green Anaconda atau Anaconda Hijau
Green Anaconda alias Anaconda Hijau (Nature My View)
Green Anaconda alias Anaconda Hijau (Nature My View)
Meski tidak berbisa, tapi Anaconda Hijau termasuk ke dalam spesies ular mematikan. Ular ini bisa tumbuh hingga 9 meter dengan bobot mencapai 250 kilogram. Menjadikannya sebagai ular hidup terbesar di Amazon.

Biasanya ular ini hidup di rawa-rawa dan sungai di Amazon.

Ular besar tak berbisa ini membunuh mangsanya dengan mencekik hingga berhenti bernapas atau melilit hingga meremukkan tulang-tulang. Kemudian anaconda akan menelannya bulat-bulat.

Makanan mereka terutama mencakup rusa, caiman, buaya, kura-kura, dan ikan.

Untungnya, anaconda hijau bukan pemakan manusia. Hanya ada beberapa serangan yang didokumentasikan pada manusia oleh anaconda. Tetapi lantaran ukurannya yang besar dan kekuatan ototnya, telah membuat anaconda hijau ini sangat berbahaya bagi manusia.

3. Jaguar
Ikan Piranha bukanlah spesies paling ganas di SUNGAI AMAZON
Jaguar penghuni sungai amazon
Jaguar merupakan salah satu hewan hutan hujan Amazon yang paling terancam punah dan paling mematikan. Mereka biasa ditemukan di sejumlah habitat termasuk hutan hujan, hutan gugur, padang rumput, dan hutan. Dengan ukuran panjang 43-75 inci dan berat 135 kg, jaguar adalah anggota terbesar dari keluarga kucing bernama Felidae.

Meskipun kedua jaguar dan leopard memiliki pola roset yang sama, jaguar lebih berat daripada macan tutul. Juga, macan tutul tidak ditemukan di Amerika. Mereka didistribusikan ke seluruh Afrika dan Asia.

Baca juga : Membedakan Kelamin Jantan dan Betina Ikan Gabus by Arka Farm lengkap

Jaguar memiliki gigitan paling kuat daripada kucing besar lainnya termasuk harimau dan singa. Gigitan mereka cukup kuat untuk menembus cangkang atau tengkorak binatang. Itu menjadikan mereka salah satu hewan paling mematikan di hutan hujan Amazon.

4. Belut listrik
Ikan Piranha bukanlah spesies paling ganas di SUNGAI AMAZON
Belut Listrik
Belut listrik sebenarnya bukan belut, tetapi mereka masuk dalam keluarga ikan pisau. Spesies yang sangat berbahaya ini ditemukan di air tawar Amazon. Belut listrik diberi nama sesuai kemampuannya dalam menghasilkan muatan listrik yang sangat besar.

Belut listrik tumbuh antara 6 kaki dan 8 kaki panjangnya dan hampir 20 kg beratnya. Tubuh mereka mengandung organ listrik khusus yang menampilkan 6000 elektrolit. Bersama-sama, elektrolit ini dapat menghasilkan muatan listrik maksimum 600 volt.

Belut listrik menggunakan kemampuan pelepasan listrik mereka untuk bertahan melawan predator dan menyengat mangsanya seperti ikan, mamalia kecil, amfibi, dan burung.

Serangan fatal pada manusia oleh belut listrik sangat jarang. Tapi guncangan dari belut listrik menghasilkan goncangan yang mengejutkan dan beberapa guncangan bahkan dapat menyebabkan gagal jantung.

5. Piranha Perut Merah
Piranha Merah Sungai Amazon (Wikimedia Common)
Piranha Merah Sungai Amazon (Wikimedia Common)
Piranha mungkin adalah predator yang paling ditakuti di hutan hujan Amazon. Terlepas dari gambaran umum, piranha perut merah memang memiliki rahang yang kuat dan gigi tajam.

Tetapi bertentangan dengan kepercayaan umum, piranha sebenarnya makan terutama memakan ikan, serangga, moluska, krustasea, alga dan biji-bijian.

Serangan kelompok dari piranhas berperut merah jarang terjadi.

Paling hanya terjadi selama masa kelaparan atau ketika diprovokasi, mereka menyerang dalam kelompok. Sekelompok piranha lapar akan menyerang hampir semua hal yang mereka temukan dalam jangkauan mereka.

Yang mengejutkan, sekelompok piranha dapat menelanjangi daging hewan besar dalam beberapa menit. Gigi tajam berbentuk segitiga dan rahang yang kuat membantu mereka melakukan serangan seperti itu.

Piranhas yang berperut merah tidak selalu agresif terhadap manusia. Serangan Piranha pada manusia jarang terjadi. Namun, di musim kering ketika makanan langka, mereka mungkin menyerang manusia.

6. Ular Derik Viper
Ular Derik Amazon (Wikimedia Common)
Ular Derik Amazon (Wikimedia Common)
Spesies ular derik viper ini adalah salah satu ular hutan hujan Amazon yang paling mematikan. Mereka bisa ditemukan di zona sabana dan semi-kering Amazon Brasil, Venezuela, Guyana dan Kolombia. Mereka tumbuh hingga panjang 1,5 m dan dikenal karena garis-garis khas mereka.

Ada sembilan subspesies ular derik Amerika Selatan yang ditemukan di hutan hujan Amazon. Perbedaan warna adalah satu-satunya perbedaan mencolok antara subspesies.

Dengan garis-garis yang berbeda, ular derik Amerika Selatan dapat menyamarkan diri dengan baik di lingkungan mereka. Jadi bisa sangat sulit untuk menemukan ular yang mematikan ini. Tapi mereka hanya menyerang saat diprovokasi.

Ketika terancam, ular derik Amerika Selatan akan menggulung dan mendesis sebagai tanda peringatan.

Mereka hanya menggigit ketika terancam atau terganggu untuk waktu yang lama.

Racun ular derik Amerika Selatan ini mengandung neurotoxin yang kuat. Jadi, gigitan dapat menyebabkan kebutaan, masalah pendengaran, kelumpuhan atau bahkan kematian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ikan Piranha bukanlah spesies paling ganas di SUNGAI AMAZON"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel