-->

Cara Ampuh Obati Penyakit White Spot Jamur pada Ikan

Cara mengobati penyakit bintik putih, Jamur White Spot pada Ikan


Cara Ampuh Obati Penyakit White Spot Jamur pada Ikan
Bibit ikan gabus ukuran 3-5cm sudah setting makan pelet
Mohammad Arifin adalah seorang peternak ikan gabus dari Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang pernah mencoba menanggulangi penyakit bintik putih ( white spot ) atau jamur ikan dengan cara mengganti air air kolam secara rutin. Namun ternyata cara itu salah dan menjadi sia - sia sebab penyakit bintik putih ( white spot ) atau bisa disebut juga jamur ikan akan semakin menjadi - jadi apabila perubahan suhu siang dan malam secara extrime," Ujar Mas Arifin atau biasa disapa mas arka ini.

Baca juga : Panduan budidaya ikan gabus snakehead untuk pemula

Tanda - tanda bibit ikan gabus kutuk atau jenis ikan chana striata ( snakehead ) ini nafsu makan masih normal, lincah dan terlihat sehat jika ada sedikit bintik putih. Namun jika bintik putih atau white spot atau jamur ini sudah banyak, maka nafsu makan ikan akan berkurang dan pergerakan kurang lincah sehingga terlihat lesu dan lama kelamaan akan mati karena tidak makan.

Cara menangani penyakit bintik putih atau white spot atau biasa disebut jamur ikan ini adalah dengan memberikan obat yang memiliki kandungan metil blue dan harus mendapatkan perlakuan secara khusus dan cara penanganannya adalah :

  1.  Siapkah kolam lain dan isi air bersih
  2. Siapkah ember atau wadah yang sudah dicampur dengan obat metil blue
  3. Dosis yang dipakai adalah 1 tutup botol metil blue tadi per 5 liter air besih
  4. Angkat semua bibit ikan gabus kutuk snakehead tadi dari kolam 
  5. Dan masukkan bibit ikan tadi ke ember yang telah dicampur obat metil blue selama 15 detik
  6. Setelah itu bibit ikan tadi masukkan ke kolam baru yang telah diisi air bersih
  7. Kuras kolam yang telah terkena penyakit bintik putih white spot atau jamur dan keringkan 2-3 hari baru bisa dipakai lagi.
Dengan menggunakan cara penanganan ini, maka penyakit bintik putih white spot atau jamur tadi akan rontok dalam 2-3 hari. Jika masih terdapat bintik putih white spot tadi maka ulangi cara penanganannya dari awal lagi.




Cara mencegah penyakit bintik putih white spot atau jamur ikan adalah dengan cara memberikan obat metil blue tadi secara berkala. Dosis untuk pencegahan penyakit bintik putih white spot atau jamur tadi dengan 1 tutup botol metil blue per 5 hari. Dengan cara ini insyaallah ikan - ikan yang anda miliki akan selalu aman dari serangan penyakit paling krusial bagi pembudidaya ikan ini.


#Note : Cara penanganan dan pencegahan penyakit jamur white spot ini dapat diterapkan disemua jenis ikan dan terbukti berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ampuh Obati Penyakit White Spot Jamur pada Ikan"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel