-->

Budidaya Belut Dengan Media Drum Air Bekas

 Budidaya Belut Dengan Media Drum Air Bekas

 Budidaya Belut Dengan Media Drum Air Bekas
Budidaya belut


Kali ini saya akan memberi sedikit tips dan informasi tetang bagaimana cara budidaya belut dengan media drum air bekas. Namun sebelumnya jangan lupa follow blog ini ya, agar kalian dapat mendapatkan informasi - informasi terbaru dari kami secara up to date.. Dan jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah postingan ini ya..  Terima kasih

Cara budidaya belut dengan media drum air bekas
Hal - hal yang perlu kalian persiapkan untuk memulai proses budidaya belut dengan media drum bekas ini adalah sebagai berikut :
1. Siapkan Drum air bekas ukuran besar. Lebih besar lebih baik untuk budidaya belut ini
2. Drum air bekas yang kita siapkan tadi dipotong pada bagian samping. untuk lebih jelasnya bisa lihat foto postingan diatas ya.
3. Siapkan kotoran hewan ( kotoran ayam, sapi. kambing, dan kerbau ) pilih salah satu aja atau lebih bagus lagi dengan media tanah bekas budidaya cacing ( Kascing ). Tahapan ini sangat penting guna melancarkan proses budidaya belut dengan media drum air bekas ini.
4. Siapkan cacahan gedebong pisang yang hampir atau sudah membusuk.
5. Siapkan juga cacahan jerami sisa panen padi yang hampir atau telah membusuk.
6. Siapkan lumpur sawah. Tahapan ini juga sangat dibutuhkan dalam proses budidaya belut dengan media drum air bekas.
7. Air dan siapkan Em4 untuk perikanan ( untuk em4 kalian dapat membelinya di toko ternak / perikanan di daerah kalian )
8. Molase atau tetes tebu atau bisa juga memakai larutan gula merah jika ditempat kalian susah untuk mendapatkannya.


Setelah semua media budidaya belut tadi sudah kalian persiapkan, langkah selanjutnya adalah

Tahapan pembuatan media budidaya belut dengan media drum air bekas untuk pemula atau skala kecil




1. Masukkan kotoran hewan atau bekas media cacing tadi di bagian dasar kolam drum air bekas tadi sekitar 5 - 10cm
2. Masukkan dan lapisi kohe / cascing tadi dengan cacahan gedebok pisang yang hampir atau sudah membusuk diatasnya sekitar 5 - 10 cm
3. Masukkan dan lapisi gedebong pisang tadi dengan cacahan jerami yang hampir atau telah membusuk diatasnya sekitar 5 - 10cm
4. Sampai di tahan ke-4 ini, Media yang telah kita masukan tadi kita siram dengan larutan Em4 yang sudah dilarutkan juga dengan molase atau tetes tebu kira - kira 1 liter.
5. Setelah penyiraman dirasa cukup, langkah selanjutnya adalah memasukan lumpur sawah sekitar 10cm.
6. Langkah selajutnya dalam proses budidaya belut dengan media drum air bekas ini adalah tinggal diisi air media drum air bekas tadi. Dalam proses pengisian air ini kalian hanya perlu megisi sekitar 5 cm diatar permukaan media teratas tadi atau lumpur sawah tadi. Dan sampai disini tahapan pembuatan media selesai.





Langkah selanjutnya adalah melakukan proses fermentasi media drum air bekas tadi. Biarkan media tadi apa adanya selama 2 minggu agar media benar - benar matang dan gembur dan dapat memproduksi micro organisme baik di media tadi. Namun pada tahapan fermentasi ini kalian wajib mengecek media tadi dengan cara menusukkan ranting pada media tadi. Langkah ini untuk mengetahui dan mengeluarkan gas amoniak yang masih ada di dalam media tadi. Jika pada saat kalian tusuk media sudah mengeluarkan bau busuk maka media fermentasi kalian dianggap berhasil dan media sudah dapat digunakan.


Namun pada tahapan selanjutnya kalian tidak perlu buru - buru untuk melakukan pengecekan dan pengetesan media yang telah kita buat tadi dengan cara kalian dapat memasukan 2 -4 ekor belut dulu. Jika bibit belut tadi langsung masuk ke media dan membuat sarang berarti media sudah benar - benar dapat kalian gunakan untuk proses budidaya bibit belut dan anda sudah dianggap berhasil dalam pembuatan dan melakukan persiapan media budidaya belut di drum air bekas.

#Note : Arka Farm menganjurkan untuk kalian para pemula jangan terlalu banyak untuk melakukan proses budidaya belut di media drum air bekas ini. Kalian pelajari dahalu secara mendetail dan jika kalian sudah merasa berhasil, kalian dapat meningkatkan jumlah populasi yang kalian miliki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Budidaya Belut Dengan Media Drum Air Bekas"

Post a Comment

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel