-->

Profile Chana Asiatica menurut Griya Arka Kendal

Profile Chana Asiatica menurut Griya Arka Kendal


Profile Chana Asiatica menurut Griya Arka Kendal
Chana Asiatica Redspot - Snakehead Fish


Hallo sobat Griya Arka Kendal dimanapun kalian berada. Kali ini kami ingin sedikit memberikan informasi dari Profile Chana Asiatica. Bagi kalian para pecinta ikan hias dan predator pastinya tidak asing lagi bukan dengan ikan jenis predator dari keluarga snakehead fish yang memiliki harga cukup fantastis ini. Chana Asiatica adalah salah satu dari jenis ikan dari keluarga channidae atau lebih dikenal dengan keluarga snakehead fish. Ikan Chana Asiatica ini menjadi salah satu ikan primadona yang paling dicari oleh kalangan para pecinta ikan hias dan predator di Indonesia.

Tahukah kalian berapa harga ikan Chana Asiatica ini ? Mungkin jika ditanya soal harga pastinya berbeda - beda ya sobat. Namun berdasarkan pengalaman yang dimiliki teman saya dari semarang konon katanya harga ikan Chana Asiatica ini menembus Rp. 350.000 - 2.000.000 per Ekornya. Jika dilihat dari harga ikan Chana Asiatica ini apakah kalian tertarik untuk mencoba membudidayakan ikan Chana Asiatica ini ?


Baca juga : Profile Chana Andrao by Griya Arka Kendal


Detail dan asal Chana Asiatica sebagai berikut :

Species name: Channa asiatica (Linnaeus ,1758)

dorsal : 44 , anal : 26 ,pectoral : 14 ,lateral line scale : 57

Synonym: Gymnotus asiaticus; Channa ocellata (peters 1864), Channa fasciata (steindachner,1866) ,channa sinensis (sauvage,1880), channa formosana (wu,1929)

Common name: Chinese Snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 34 cm,
*menurut seorang expert dari jerman variant red spot tumbuh sampai 40 cm

Environment: freshwater

Origin: China, middle and lower Chang Jiang (Yangtze) basin, and Xun River basin in Guangxi and Guangdong provinces,utara vietnam , di introduksi di taiwan dan jepang pulau ishigaki shima dan pulau ryuku

Sejak 15 juta tahun yang lalu berakhir, hewan-hewan tersebut telah menyebar oleh zona iklim intertropis yang meluas ke beberapa bagian Eropa, Afrika, dan sebagian besar Asia. So bagi kalian orang indonesia mungkin cukup sulit mendapatkan jenis ikan Chana Asiatica ini ya, Kalaupun dapat pastinya harganya cukup menguras kantong kalian.


Fitur fisik

Channa Asiatica memiliki tubuh memanjang dan sirip punggungnya yang panjang berwarna keemasan dan ujung pada sirip berwana hitam pudar dengan corak badan yang mimiliki potongan garis - garis vertikal berwarna merah dan bintik - bintik putih pada samping badannya yang sangat indah sekali , mulut besar yang penuh dengan gigi.


Baca juga : Chana maruliodes snakehead fish from Indonesia?


Channa Asiatica sebaiknya disimpan sendiri atau bersama pasangan. Untuk membentuk pasangan, sekelompok spesimen muda harus disimpan sampai pasangan telah terbentuk. Ketika pasangan telah membentuk semua ikan lain harus dihapus karena mereka mungkin akan dibunuh oleh pasangan. Untuk membuat grup akuarium besar, siapkan dengan banyak tempat persembunyian, dan diperlukan keberuntungan. Spesies ini dilaporkan sangat tidak toleran, bahkan pada usia yang lebih muda dan dapat menyebabkan cedera serius satu sama lain. Jika pasangan terbentuk konfrontasi berakhir. Sebagian besar waktu pasangan akan memiliki hubungan dekat. Namun, ada laporan agresi mendadak setelah kawin atau perubahan lingkungan, sering berakhir dengan kematian salah satu. Dilaporkan bahwa Channa Asiatica berpadu dengan baik dengan spesies ikan kuat lainnya

Detailnya seperti berikut :

Species name: Channa Asiatica
Dorsal : 44 , Anal : 26 , Pectoral : 14 ,Lateral line scale : 57

Synonym: Gymnotus asiaticus; Channa ocellata (peters 1864), Channa fasciata (steindachner,1866) ,channa sinensis (sauvage,1880), channa formosana (wu,1929)

Common name: Chinese Snakehead

Family: Channidae

Order: Perciformes

Class: Actinopterygii

Maximum size: 60 cm,

Environment: freshwater

Origin: China, middle and lower Chang Jiang (Yangtze) basin, and Xun River basin in Guangxi and Guangdong provinces,utara vietnam , di introduksi di taiwan dan jepang pulau ishigaki shima dan pulau ryuku


Akuarium

Akuarium redup dengan area tanam lebat, tempat berenang terbuka dan banyak tempat berteduh. Gunakan tutup yang pas karena spesies chana atau keluarga snakehead adalah suka melompat keluar akuarium. Sebuah celah antara permukaan air dan tutup diperlukan karena mereka perlu bernafas dari permukaan


Baca juga : Perbedaan chana maruliodes vs chana micropeltes


Pertahankan suhu saat musim panas di maksimum 24-25 derajat C. Di musim dingin variasi subtropis memang membutuhkan penurunan suhu hingga 16-18 derajat C. Dalam periode ini lebih sedikit makanan yang dibutuhkan dan tingkat air yang lebih rendah akan dilakukan. Diperlukan periode dingin untuk kesehatan yang baik: mempertahankan suhu tinggi sering menyebabkan kelemahan umum dan infeksi bakteri (mematikan). Tergantung pada zona iklim Anda, Channa Asiatica dapat disimpan selama musim panas di luar di kolam dan di musim panas di dalam akuarium

MAKANAN

Karnivora. Semua jenis makanan ikan diterima seperti artemia, cacing darah, jentik nyamuk, udang, serangga, cacing tanah dan ikan. Palet beku dan kering diterima.


PEMBIAKAN

Pembiakan di penangkaran dimungkinkan. Pemijahan terjadi sepanjang tahun. Untuk memicu perkembangbiakan turunkan suhu air hingga 20 derajat C.


Nah berdasarkan informasi diatas apakah anda menjadi salah satu orang yang tertarik ingin membudidayakan jenis Chana Asiatica ini ? Coba berikan alasannya jika tertarik ya. silahkan coment alesan anda pada kolom komentar dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Profile Chana Asiatica menurut Griya Arka Kendal"

  1. Sayamau tanya.. chana asiatica. Kalau diberikan air daun ketapang baik tdk.. & suhu air yg pas berapa c'.☺

    ReplyDelete

Saran dan komentar anda adalah semangat untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya. Tolong komentar dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti..

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel